Kebijakan Publik

public-policyDefinisi dari kebijakan publik yang paling populer adalah definisi yang dikemukakan oleh Thomas R. Dye (2011, 1), yaitu Whatever governments choose to do or not to do. Public policy is what government do, why they do it, and what difference it makes. Artinya, segala sesuatu yang dikerjakan oleh pemerintah ataupun yang tidak dikerjakannya; Mengapa pemerintah melakukannya, dan hasil apa yang membuat perbedaan.

Banyak definisi lainnya, tapi definisi di atas adalah yang paling sederhana dan mencakup semua definisi lainnya. Tujuann kebijakan publik adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah publik.

Untuk memahami apa itu kebijakan publik, terlebih dahulu harus dipahami apa itu yang dimaksud dengan ‘publik’? dan apa yang dimaksud dengan ‘masalah publik’?

Publik artinya umum, banyak orang. Lawan kata dari Privat alias individu. Jadi yang dimaksud dengan masalah publik adalah masalah yang menyangkut banyak orang, bukan hanya individu. Sebagai contoh, jika saya pagi-pagi kelaparan dan tidak ada makanan yang bisa dimakan, maka hal itu adalah masalah pribadi saya, dengan kata lain masalah privat. Sementara, jika yang mengalami kelaparan itu adalah seluruh warga DKI Jakarta, maka masalah ini bisa menjadi masalah publik DKI Jakarta.

Masalah publik adalah kewenangan pemerintah/ pejabat publik untuk mengambil tindakan atau tidak. Tidak semua masalah publik harus ditindaklanjuti atau diselesaikan. Terkadang, ada suatu kondisi yang nampak seperti masalah, namun sebenarnya kondisi tersebut hanya gejala atau bukan masalah utama. Ada berbagai teknik untuk menentukan mana masalah yang bisa diangkat jadi isu publik yang akan diselesaikan dengan membuat kebijakan publik.

Pembuatan Kebijakan publik, secara sederhana dibuat melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Identifikasi Masalah
  2. Agenda Setting
  3. Formulasi Kebijakan
  4. Legitimasi Kebijakan
  5. Implementasi Kebijakan
  6. Evaluasi Kebijakan

Idealnya tahapan-tahapan di atas dilakukan berurutan, seperti kita memakai pakaian, ada tahapan-tahapannya, tidak baik jika tahapannya dibolak-balik atau dilewati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s