Pengalaman Sidang Skripsi (… part 2)

Saya mengajukan judul skripsi sejak awal Februari 2017. Empat kali bolak balik baru disetujui judulnya tanggal 1 Maret 2017, dan surat penugasan dosen pembimbing tanggal 2 Maret 2017.

Karena sedang padat-padatnya kerjaan di kantor, bulan Maret hanya bisa menyelesaikan Bab I saja. Bulan April ngerjain Bab II, Bulan Mei tanggal 15, akhirnya saya bisa presentasi proposal penelitian, dan tanggal 18 Juni memasukkan berkas pendaftaran sidang skripsi.

Jadi, kurang lebih menyelesaikan skripsi dalam 4 bulan dengan segala drama-drama mengharukannya. Haha.. dan kuliah saya di STIA LAN Jakarta, adalah 1,5 tahun (4 semester), semester keempat tinggal sidangnya aja.

Sidang skripsi, jadwalnya ditentukan oleh STIA. Jadwal saya tanggal 14 Juli 2017, hari Jumat, 10.00 WIB. Jadwal ini disampaikan melalui WA, dan diminta untuk hadir 1 jam sebelum sidang dimulai, mengenakan kemeja, jaket almamater, berdasi. Setelah mendapat informasi ini, saya langsung menjawab dengan bertanya siapa saja dosen pengujinya. Jawabannya, Pak Asropi, Pak Hamka, dan Pak Makhdum. Sejenak menghela nafas, ketiganya adalah Doktor, salah satunya bahkan Ketua STIA LAN Jakarta.

Pelaksanaan Sidang

PSX_20170715_090040

tepat pukul 9.00 WIB saya hadir di STIA, langsung ke lantai 2 mengkonfirmasi jadwal sidang hari tersebut. Jadwal saya pukul 10.00 di lantai 4 Ruang Kepemimpinan. Tak berlama-lama, saya langsung naik ke lantai 4, membuka ruangannya dan meletakkan tas laptop, juga tas berisi beberapa buku.

Selanjutnya mencari petugas lantai 4, minta tolong dipasangkan LCD Proyektornya untuk mencoba slide. Sambil petugas menyiapkan ruangan, saya bergegas menuju perpustakaan, mengambil belasan buku yang hari sebelumnya saya sudah tumpuk atas seijin petugas perpus (meninggalkan KTP).

Belasan buku saya masukkan ke travel bag, lalu dibawa ke ruang sidang yang sudah terpasang LCD menyala. Setelah itu, tes slide, alhamdulillaah aman.

Ruangan sidang ada 5 meja, 5 kursi. Tiga meja penguji berjajar lurus. Satu meja tepat di depan 3 meja berbaris tadi, dan satu lagi di samping ruangan. Yang di samping ruangan, untuk meletakkan tas dan persenjataan lainnya, serta tempat laptop. Yang satu didepan, untuk mahasiswa yang presentasi. Ada baiknya bawa clicker, karena tempat laptop di samping, sementara presentasi di depan.

Sidang Mulai

Ketiga dosen penguji pun telah hadir. Deg-degan? Iya..!! Hehe.. Saya dipanggil untuk berdiri tepat di depan ketua penguji. Disebutkan nama saya, lalu ditanyakan apakah sudah siap secara materi, presentasi, substansi, konsep? Dengan lantang saya jawab ‘InsyaAllah, Siap!’. Selanjutnya diberi sedikit arahan, yang intinya, sampaikan hal-hal yang penting saja, waktunya hanya 10 menit.
Presentasi saya buka, belum ada satu menit sudah dipotong, ‘yang kamu sampaikan itu ngga penting, sampaikan yang penting-penting saja!’. Hmm.. mental sedikit jatuh. Lalu ditengah presentasi, peringatan itu datang lagi. Dan belum saya selesai menjelaskan hasil penelitian, dengan suara yang sangat berat, dikatakan WAKTU HABIS, kamu tidak bisa memanage waktu presentasi, dengan menyampaikan banyak hal gak penting..!!

Saat itu juga, Ā langsung jatuh banget mental.

Pertanyaan Penguji

Judul penelitian saya tentang pengelolaan arsip di kantor saya sendiri. Mainstream banget.. haha.. Apa saja yang ditanyakan oleh Penguji?

1. Apa dampak bahayanya jika pengelolaan arsip di kantor buruk? Tambahkan pada Bab I

2. Bagaimana cara Anda, menganalisa data hasil wawancara? Karena di Bab IV saya belum benar-benar melihat hasil penelitian ini.

3. Apa bedanya arsip dengan dokumen? Sama atau tidak?

4. Teori apa yang Anda gunakan dalam penelitian ini? (Pertanyaan ini dikejar dan diputer-puter sampai bingung menjawabnya)

5. Mengapa Anda tidak meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi buruk atau tidaknya implementasi kebijakan kearsipan?

Pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar metodologi dan definisi-definisi. Kebetulan saya tidak mendapat pertanyaan terkait teknik penulisan skripsi.

Penutup

Setelah selesai tanya jawab, saya dipersilakan keluar, lalu Bapak-Bapak penguji diskusi nilai. Kurang lebih 4-5 menit di luar ruangan, saya dipanggil kembali masuk. Diminta berdiri di depan meja Ketua Penguji, disampaikan bahwa saya lulus sementara, ada perbaikan yang harus dilakukan paling lambat 2 bulan. Setelah itu saya keluar ruangan lagi, menunggu penguji beres-beres. Setelah penguji keluar ruangan, berkas penilaian diambil oleh Pak Firman BAAK, dan saya beres-beres peralatan perang tadi.

Setelah Pak Firman menginput nilai, alhamdulillah, ternyata nilai saya A. Ga nyangka. Tapi melihat poin-poin revisi, sejenak hela nafas.. ffiuh.. semoga bisa segera selesai revisinya.

IMG_20170714_183438_990

Setelah itu, segera mengembalikan buku ke perpus, ambil KTP, dan tanya jenis buku yang dibutuhkan perpus. Mahasiswa yang mau wisuda harus menyumbang 2 buku dengan judul yang sama. Saya diminta cari buku Pengantar Sosiologi.

Demikian, sharing pengalaman skripsi saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman STIA LAN Jakarta yang juga sedang berjuang menaklukkan skripsi..!!

Leave a Reply

