Belajar UU Sisdiknas (1)

Definisi Pendidikan

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.” (Pasal 1 angka 1 Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

 

Kata kunci dari pengertian pendidikan dapat dibagi menjadi beberapa bagian:

1.       Usaha sadar dan terencana

Tidak bisa disebut pendidikan jika tidak dilakukan secara sadar (niat) dan tidak ada perencanaannya.

2.       Mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran

Pendidikan terdiri dari dua lingkup, yaitu suasana belajar dan proses pembelajaran.

3.       Peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri

Pendidikan ditujukan agar peserta didik menjadi aktif mengembangkan potensi dirinya. Tidak bisa disebut pendidikan jika peserta didik tidak bisa menjadi aktif untuk meningkatkan potensi dirinya. Untuk itu, terlebih dahulu peserta didik harus bisa menemukan potensi terbaiknya melalui berbagai stimulasi yang mencukupi sesuai usianya.

4.       Untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan.

Ada 6 kekuatan yang akan didapatkan oleh peserta didik jika mendapatkan pendidikan yang benar.

 

Macam-macam Pendidikan

  1. Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. (Pasal 1 angka 11)
  2. Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. (Pasal 1 angka 12)
  3. Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan. (Pasal 1 angka 13)
  4. Pendidikan Anak usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (Pasal 1 angka 14)
  5. Pendidikan Jarak Jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dengan pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. (Pasal 1 angka 15)
  6. Pendidikan berbasis masyarakat adalah penyelenggaraan pendidikan berdasarkan kekhasan agama, sosial, budaya, aspirasi, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat. (Pasal 1 angka 16)

 

Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. (Pasal 1 angka 19)

Kata Kunci Kurikulum:

  1. Seperangkat rencana dan pengaturan
  2. Berisi tentang tujuan, isi, bahan pelajaran, dan cara yang digunakan
  3. Berfungsi sebagai pedoman pembelajaran.

Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. (Pasal 1 angka 20)

Kata Kunci Pembelajaran:

  1. Proses interaksi
  2. Melibatkan peserta didik, pendidik, sumber belajar
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s