My Ideal Lifestyle Visualization.. Konmari #3

Untuk berbenah ala Konmari, hal pertama yang harus dilakukan adalah visualisasikan Ideal Lifestyle tentang hunian yang kita impikan. Visualisasi ini ternyata bukan tentang huniannya mau diapakan, tetapi lebih ke mengapa kita ingin berbenah, dan hidup seperti apa yang ingin kita alami setelah selesai berbenah. Hmm.. nampaknya, di tulisan saya sebelumnya saya salah mengartikan tugas visualissi ini. Jawaban atas dua pertanyaan ini yang akan menjadi kunci kesuksesan kita dalam berbenah.

Untuk menjawab tugas yang diberikan ini, saya dan istri membahasnya bersama. Seru juga membahas mindset ini berdua. Dan tentunya sesuai dugaan, ideal lifestyle kami berbeda. Berikut ideal lifestyle kami,

Hunian impian adalah hunian yang memungkinkan saya berdiskusi dengan keluarga tentang apapun termasuk diskusi mengenai buku-buku atau literatur yang telah kami baca. (Tegar)

Meja Kerja impian saya di kantor, adalah meja kerja yang efisien yang membuat saya tidak lelah dengan ratusan ribu data Excel yang harus dianalisis. Juga nyaman untuk berpikir dan menuangkan pikiran menjadi tulisan. (Tegar)

Hunian impian adalah hunian yang memungkinkan saya betah berkreasi dan berbagi ilmu sesuai kemampuan terbaik saya (cooking and crafting). (Annisyah)

Dengan kalimat visualisasi di atas, pikiran saya menjadi lebih terbuka melihat visi berbenah. Demikian juga dengan istri. Dan, kami siap untuk melangkah ke tugas selanjutnya.

Lalu?

Setelah yakin dengan visualisasi berbenah, selanjutnya perjelas lagi visualisasinya. Dengan deadline waktu 3 bulan, apa yang bisa kita lakukan agar hunian atau tempat kerja sesuai dengan visualisasi kita. Langkah berikutnya adalah mencari role model ruangan impian saya. Hunian dengan tempat yang nyaman untuk berdiskusi dengan keluarga, membaca buku bersama, membahas tema-tema yang ada di buku atau artikel lainnya.

transitional-family-room

Saya ingin punya ruangan, bisa living room atau bed room, yang bisa nyaman untuk membaca buku bersama-sama. Pencahayaan yang cukup. Tempat duduk baca yang nyaman. Lokasi yang bersih. Lemari buku yang berisi buku-buku yang mengandung unsur ‘spark joy’. Papan tulis yang bisa digunakan untuk menuangkan konsep pikiran. Suhu ruangan yang sejuk untuk menjaga mood membaca.

Saya ingin setiap hari, sepulang kerja, bisa membaca buku bersama anak-anak. tanpa terganggu dengan baju-baju berantakan. Mainan berserakan. Dan yang paling penting, melihat istri tersenyum manis karena tidak stress akibat berbenah tak berkesudahan.

Kondisi Existing Saat ini?

Pada saat tulisan ini dibuat, ada 3 lemari buku yang saya miliki. Ketiganya terpisah di 3 ruangan yang berbeda. Buku-buku yang ada di dalam masing-masing lemari? Acak. Tempat membaca? bisa dimana saja, tak ada ruangan yang dikhususkan untuk membaca. Terkadang suka stress, di lemari pakaian pun ada buku. haha. Mau mencari buku, bertemunya dengan buku-buku yang tak akan saya baca lagi.

Rencana Berbenah?

Segera setelah berbenah kategori clothes. Karena impian ideal lifestyle berkaitan dengan kategori books, tentu ini akan dilakukan setelah clothes, sesuai urutan yang direkomendasikan Konmari. Kapan? sesuai jadwal materi berbenah Shokyuu Class Konmari Indonesia.

Hambatan?

Potensi hambatan utama saat ini adalah, rumah yang kami huni bukan milik kami. Rumah milik orang tua. Tentunya, semua perubahan yang saya inginkan, harus seijin orang tua. Untuk mengatasi potensi hambatannya, tentu komunikasi adalah kuncinya. Lalu, tunjukkan perubahan positif yang terjadi. Jika perubahannya positif, InsyaAllah orang tua akan mendukung. Fokus pada barang milik kami sendiri terlebih dahulu.

#shokyuuclass #Task2 #konmariindonesia #konmarimethod

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s